Rabu, 08 Juni 2016

KEMAMPUAN BERTANYA

I.                   KEMAMPUAN BERTANYA
Mengajukan pertanyaan secar abaik dapat memulai suatu hubungan, memelihara hubungna, membangkitkan rasa pengakuan dan kepedulian.
1.      Jenis pertanyaan
a.       Pertanyaan tertutup
Pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dan ini biasanya hanya membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak” untuk mengumpulkan informasi yang faktual. Contoh : ”Apakah ibu bekerja ?”
b.      Pertanyaan terbuka
Pertanyaan yang menuntut jawaban yang memungkinkan adanya berbagai macam jawaban dan memberi kebebasan menjawab pada klien. Contoh : “Bagaimana perasaan ibu sekarang?”
c.       Pertanyaan mendalam
Untuk menggali lebih dalam apa yang diungkapkan oleh klien sehingga informasi didapat secara lengkap dan mendetail. Contoh : “apakah maksud ibu dengan peristiwa yang menakutkan itu ?”
d.      Pertanyaan mengarahkan/sugestif
Mengarahkan apa yang dibicarakan klien, tidak selalu tepat digunakan pada berbagai kondisi. Contoh : “Ibu tidak inginkan punya anak lagi setelah melahirkan anak ke 3?”
2.      Bertanya efektif
Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar bidan bisa bertanya secara efektif :
a.       Gunakan intonasi suara yang menunjukkan perhatian, minat, dan keakraban. Jangan terlalu cepat/lambat atau terlalu keras/lemah.
b.      Gunakan kata-kata yang dipahami klien, bahasa ilmiah yang tidak dipahami klien tidak akan bisa terjawab atau bahkan menyebabkan salah arti.
c.       Ajukan pertanyaan satu per satu agar terjawab sesuai apa yang kita butuhkan.
d.      Tunggu jawaban dengan penuh minat, jangna memotong.
e.       Gunakan kata-kata yang mendorong klien untuk bicara (bagaimana, dan, lalu, maksudnya ?)
f.        Bila harus menanyakan hal yang sangat pribadi, jelaskan mengapa hal itu harus ditanya.
g.       Hindari penggunaan kata Tanya “mengapa” karena kemungkinan klien dapat merasa disalahkan.


SUMBER (REFERENSI)

1.      Tyastuti, dkk. 2008. Komunikasi dan Konseling Dalam Pelayanan Kebidanan. Yogyakarta : Fitramaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar